AS Akan Tambah Pasukan ke Indonesia dan Kirim Black Hawk, Jendral Andika: Saya Menantikan

BEKASIKU.COM – Jenderal Andika Gagah akui sangat menunggu latihan perang TNI AD dan US Army dalam Garuda Shield 2021. Dalam latihan itu, Amerika Serikat gagasannya akan menambahkan pasukan dan kerahkan helikopter Black Hawk.Merilis dari siaran di kanal youtube TNI AD, Jenderal Andika Gagah lakukan video konferensi dengan Commanding General of United States Army Pasific berkaitan aktivitas Garuda Shield.

“Saya menunggu untuk menyaksikan latihan kombinasi Garuda Shield-15/2021 di antara prajurit TNI AD dan prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat akan jalan.

Karena ini hal pertama untuk kami kehadiran beberapa personil US Army.

Dan kami menunggu personil TNI AD lebih dekat sama prajurit US Army. Saya percaya ini bisa menjadi hal yang paling ditunggukan oleh mereka dan bisa menjadi pengalaman yang baru untuk mereka,” tutur Jenderal Andika Gagah.   

Commanding General of USARPAC, General Charles A. Flynn rasakan hal sama.

Sesudah seringkali ke Indonesia, dia menunggu agar bisa datang dalam Garuda Shield.   

“Betul sekali, kami juga menunggu hal itu.

Dan saya beberapa kali sudah ke Indonesia, benar-benar ingin kembali ke sana, hingga saya juga menunggu karena program ini ibarat latihan multinasional pasifik, menelusuri ke daerah negara lain,” tutur General Charles A. Flynn.   

Dia menjelaskan program Garuda Shield bisa menjadi hal yang baik sekali karena menurut dia Pusat Training tempur di Baturaja sama dengan Pusat training Tempur yang berada di Eropa, di United States, dan yang bakal dibuat di daerah Pasific.   

Selain itu, Jenderal Andika Gagah menerangkan argumen kedatangan General Charles A. Flynn dalam Garuda Shield di Baturaja untuk pelajari latihan tempur dari seorang yang sudah mengambil langkah semakin lama dan profesional di Pusat Training.   

BACA JUGA  Kronologi Sumbangan Akidi Tio Yang Bermasalah, Ditetapkan Tersangka?

Jenderal Andika Gagah mengharap latihan bersama yang bakal dilaksanakan di tiga titik tempat latihan, yaitu Baturaja, Makalisung, dan Amborawang bisa memperkuat jalinan pertemanan di antara TNI AD dan US Army. 

“Saya ingin lakukan yang lebih bagus pada tahun ini dibandingkan tahun awalnya, dan jalinan kerja-sama kita jadi lebih baik dari yang sempat ada,” tutur Kasad. 

Amerika bertambah pasukan dan kerahkan Balck Hawk

Dalam video yang lain, Komandan Kodiklat Angkatan Darat, Letjen TNI A.M. Putranto memberikan laporan ke Kasad berkenaan penyiapan yang berjalan mulus dan kerja-sama antara unit TNI AD yang turut serta dalam penerapan Garuda Shield ke-15 Tahun 2021.   

“Khusus untuk Kodam VI, peralihannya benar-benar berarti, dari Amborawang terhitung fasilitas baik sekali, dan dari Pangdam telah optimal untuk menolong.

Dan diharap 1 minggu awalnya bisa usai,” terang Dankodiklatad, merilis dari siaran di kanal youtube TNI AD.

Dia menambah aktivitas persiapan medan latihan pada umumnya telah 80 % karena sudah lakukan inspeksi dengan Danpussenif dan beberapa unsur berkaitan.

Disamping itu dia sampaikan tambahan personil penerjun dari Amerika Serikat yang sebelumnya 300 orang jadi 670 orang.   

Menyikapi hal itu, Jenderal TNI Andika Gagah minta untuk pengujian landing zona atau wilayah pendaratan beberapa penerjun.

Terutamanya untuk pendaratan helikopter Black Hawk. Jenderal Andika Gagah akui sangat menunggu Garuda Shield. Dia menambah aktivitas persiapan medan latihan pada umumnya telah 80 % karena sudah lakukan inspeksi dengan Danpussenif dan beberapa unsur berkaitan.

Disamping itu dia sampaikan tambahan personil penerjun dari Amerika Serikat yang sebelumnya 300 orang jadi 670 orang. Menyikapi hal itu, Jenderal TNI Andika Gagah minta untuk pengujian landing zona atau wilayah pendaratan beberapa penerjun.

BACA JUGA  BMKG Umumkan Potensi Tsunami Jawa Timur, Pacitan

Terutamanya untuk pendaratan helikopter Black Hawk.

“Yakinkan ada team dari Penerbad yang bakal memeriksa, terutamanya pendaratan heli black hawk mereka.

Oleh karenanya jika ada yang penting perkokohan, kita harus selekasnya persiapkan,” tegas Kasad.   

Jenderal Andika Gagah memberinya instruksi supaya masih tetap memprioritaskan factor keamanan baik personil dan material TNI AD dan US ARMY, dan junjung konsep sama-sama menghargai dan menghormati supaya terikat pertemanan yang bagus. 330 Pasukan US Army Datang di Indonesia. Awalnya, beberapa ratus pasukan angkatan darat Amerika Serikat atau US Army datang di Indonesia sesudah Jenderal Andika Gagah mengirimi pasukan Kostrad ke AS.

Merilis dari situs tniad.mil.id, 330 pasukan US Army pada Sabtu (24/7/2021) datang di lapangan terbang Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan. Kehadiran mereka untuk ikuti Latihan Bersama Garuda Shield ke-15 tahun 2021. Sebagai sisi dari implementasi prosedur kesehatan berkaitan wabah virus corona, mereka segera dites seka (swab tes) oleh team klinis Indonesia.

Barisan tentara Amerika yang datang ini sebagai gelombang pertama dari lebih dua ribu tentara yang bakal ikut dalam latihan bersama itu.

Kepala Dinas Pencahayaan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Tatang Subarna dalam info pers-nya menjelaskan latihan ini sebagai yang paling besar dalam riwayat kerja-sama TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Amerika.

//zikroarg.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh