Catat! Libur Tahun Baru Islam 1443 H Pindah ke 11 Agustus

BEKASIKU.COM – Libur tahun baru Islam 1443 Hijriah alami peralihan. Pemerintahan mengganti hari libur nasional itu berkaitan naiknya kasus COVID-19 di Indonesia.

Menko PKM Muhadjir Effendy sampaikan keputusan itu dalam temu jurnalis yang dikerjakan Jumat (18/6/2021) lalu. Keputusan diambil sehabis rapat lintasi Kementerian.

Pemerintahan putuskan kembali merevisi hari libur nasional dan cuti bersama 2021 dampak kenaikan COVID-19. Salah satunya yang alami peralihan ialah libur tahun baru Islam.

“Pemerintahan putuskan mengganti 2 hari libur nasional dan menghapus sehari libur cuti bersama,” kata Muhadjir.

Dalam keputusan itu, libur tahun baru Islam 1443 Hijriah, yang awalannya jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021, diganti jadi hari Rabu, 11 Agustus 2021.

Selainnya libur tahun baru Islam, ada libur dan cuti bersama yang alami peralihan. Yakni libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama Hari Natal 2021.

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW di tanggal 19 Oktober 2021 alami peralihan jadi Rabu, 20 Oktober 2021.

Sementara libur cuti bersama Hari Natal 2021 pada 24 Desember 2021 dihilangkan.

“Tetapi hari Natalnya masih tetap libur tanggal 25 Desember, tanggal 24-nya saja di hilangkan,”ikat Muhadjir.

Untuk libur peringatan HUT Kemerdekaan RI, Selasa, 17 Agustus, dan Libur Hari Natal, Sabtu, 25 Desember, tidak alami peralihan.

Berkaitan hak cuti beberapa ASN, Menteri Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi Tjaho Kumolo menyebutkan akan dihilangkan sementara. Hak cuti ini dihilangkan untuk beberapa hari kerja yang terjepit 2 hari libur.

“Dengan singkat, ASN itu sama sesuai ketetapan memiliki hak cuti per-orangan. Tapi kami memutuskan jika untuk manfaat dalam kerangka wabah COVID, jika hak cuti ASN untuk saat ini dihilangkan,” ungkapkan Tjahjo.

BACA JUGA  Paus Fransiskus Menyebutkan Kelaparan sebagai Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Tjahjo memberikan contoh seperti masalah tujuan larangan cuti pada hari kerja yang terjepit. Jika ada hari libur pada Selasa, PNS dilarang ambil cuti pada hari Senin karena dua hari kemarin, Sabtu dan Minggu, ASN telah memperoleh libur. Ia minta ASN cari cuti pada hari lain.

//thaudray.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh