Mentan Syahrul Mengatakan Penyuluh Pertanian Adalah Kopassusnya Kementerian Pertanian

BEKASIKU.COM – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebutkan penyuluh pertanian ialah kopassusnya Kementerian Pertanian.Pengakuan itu dikatakan Mentan saat menghargai beberapa penyuluhan pertanian yang lakukan sertifikasi kapabilitas penyuluh pertanian.

“Saya animo sertifikasi kapabilitas penyuluh pertanian ini. Bagaimana pertanian dapat baik salah satunya pemasti intinya ialah penyuluh. Kalian itu wajib sekali. Ialah Kopassusnya Kementerian Pertanian,” tutur Mentan Syahrul Yasin Limpo lewat info resminya, Selasa (3/8/2021).

Selanjutnya, Mentan menyebutkan pekerjaan Tenaga Harian Terlepas Tenaga Tolong Penyuluh Pertanian (THL TBPP) yang dapat menemani beberapa petani secara terus-terusan dalam tingkatkan kualitas dan produksi pertanian.

Walau terhitung tenaga harian terlepas, Mentan memperjelas penyuluhan pertanian mempunyai peranan yang penting dalam usaha tingkatkan hasil kualitas pertanian di Indonesia.

Selainnya masalah kualitas, peranan penyuluh pertanian dipandang penting khususnya di periode wabah Covid-19. Masalahnya rakyat tidak dapat bertahan jika tidak ada makanan.

Oleh karenanya, aktivitas pertanian jangan stop karena tersangkut keberlangsungan hidup semua rakyat.

“Kita dapat berlindung dari wabah ini di rumah tetapi kita tidak dapat bertahan jika tidak ada makanan,” tutur Mentan.

Bahkan juga, selanjutnya Mentan mengatakan pertanian sebagai salah satunya lapangan pekerjaan, obat di periode wabah Covid-19, dan sumber gizi untuk badan.

Ditambah Mentan memandang, pertanian sebagai faktor yang paling terkait dengan sosial bungkusyarakatan. Melalui pertanian, sama-sama warga dapat saling bantu-membantu.

“Cuman pertanian yang bagus yang dapat saling bantu-membantu, misalkan sama-sama memberikan beras dan pertanian mengundang faktor pemerintah karena jika ingin rakyat aman nyaman dan teratur penuhi pertanian memiliki arti penuh makanannya,” kata Mentan.

Oleh karenanya, Mentan mengharap semua penyuluh untuk selalu menemani petani, karena mereka sumber info untuk petani.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari KEMENDIKBUD, Simak Sekarang

“Maka bila penyuluh banyakan di kota dibanding di dusun, karena itu hancur ini karena penyuluh semestinya di dusun menuntun petani. Penyuluh ialah komunikator, penyuluh itu integrator, penyuluh ialah motivator, penyuluh ialah organisator, penyuluh ialah aktifator. Ini selalu saya awasi,” ujarnya.

//thaudray.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh