Pemda Kabupaten Bekasi Himbau Masyarakat Shalat Idul Adha di Rumah

BEKASIKU.COM – Pemda Kabupaten Bekasi dengan cara resmi menghapus shalat Idul Adha 1442 H tahun 2021 di atas lapangan atau di mushola. Ini dilaksanakan untuk memperhitungkan penebaran virus Covid-19 yang sekarang ini masih alami kenaikan.

Keputusan itu tercantum pada pengakuan persetujuan bersama Pemda Kabupaten Bekasi bersama MUI Kabupaten Bekasi, Kementerian Agama Kabupaten Bekasi dan Dewan Mushola Indonesia (DMI) Kabupaten Bekasi, yang dikeluarkan Jumat, 16 Juli 2021.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Bekasi, Beni Y Iskandar menjelaskan, keputusan dihilangkannya Shalat Idul Adha yang jatuh di tanggal 20 Juli 2021 sebagai tindak lanjut dari Perintah Bupati No. 14 tahun 2021 mengenai PPKM Genting.

Keputusan itu merujuk ke Surat Selebaran Menteri Agama No. 17 tahun 2021 mengenai Penghapusan Sementara Peribadatan di Tempat Beribadah, Malam Takbiran, Sholat Idul Adha, dan Panduan Tehnis Penerapan Qurban 1442 H di daerah yang melakukan PPKM Genting.

“Kita cuman menegaskan untuk mematuhi ketetapan yang ada di saat ini . Maka penghapusan Shalat Idul Adha ini sebagai instruksi dari pemerintahan pusat (Kementerian Agama) dan kita menindaklanjuti di wilayah,” kata Beni, selesai rapat bersama MUI, Kemenag dan DMI di Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Jumat (16/07/21).

Selainnya anjuran shalat Idul Adha di dalam rumah, Pemkab Bekasi menghapus aktivitas takbiran di mushola/masjid dan takbir keliling, baik yang jalan kaki atau memakai kendaraan.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bekasi, KH Muhiddin Kamal memperjelas jika, penghapusan Shalat Idul Adha dilaksanakan untuk menahan berlangsungnya keramaian yang mempunyai potensi mengakibatkan berlangsungnya penyebaran Covid-19.

Karenanya dianya minta umat Islam di Kabupaten Bekasi untuk melakukan shalat Idul Adha di dalam rumah semasing.

“Pemerintahan tidak tutup mushola dan tidak ada pembatasan untuk shalat. Karena ini (shalat Idul Adha-red) dapat memunculkan keramaian, dan keadaan PPKM-nya telah genting, karena itu shalat Idul Adha dikerjakan di dalam rumah masing-masing,” katanya.

BACA JUGA  Berita Terbaru PPKM level 4 Diperpanjang atau Tak Diperpanjang

Untuk penerapan pemotongan kurban, KH Muhiddin mengatakan, sama sesuai tutorial, supaya dilaksanakan di dalam rumah potong hewan (RPH) atau dikerjakan oleh panitia di lokasi yang steril dan tidak memunculkan keramaian.

“Untuk pembagian dagingnya dengan coupon dan daging kurban diantar ke masing-masing rumah,” terangnya.

//oackoubs.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh