Penyebab NIK Tidak Ditemukan di Dukcapil , Ini Solusinya!

BEKASIKU.COM – Di Indonesia, sering terjadi di mana seorang merasakan jika NIK Tidak Ditemukan di Dukcapil atau Kartu Keluarga tidak ditemukan di Dukcapil seperti kepunyaannya tidak benar/ tidak tercatat. Walau sebenarnya, NIK dan KK umumnya dipakai untuk banyak kepentingan. Misalkan, untuk aktivitas administrasi, masalah register, dan sebagainya.

Walau peristiwa itu akan memunculkan terhambatnya bermacam masalah, sebetulnya apa sebagai pemicu tidak benar/tercatatnya NIK dan KK? Lantas, bagaimanakah cara menanganinya? Baca info selengkapnya di bawah ini.

Pemicu NIK dan KK Tidak Benar/ Tidak Tercatat

Pada intinya, kecemasan tidak dibutuhkan saat Kamu ketahui jika NIK Tidak Ditemukan di Dukcapil atau KK Tidak ditemukan di Dukcapil. Berlaku tenang, dan cari info pemicunya. Ingin tahu dengan yang umumnya mengakibatkan NIK atau KK tidak benar/tercatat? Nach, inilah pemicunya:

1. Ada Permasalahan dalam Mekanisme Pendataan

Argumen pertama, ada peluang Dukcapil salah pada proses pendataan, hingga mengakibatkan NIK dan KK tidak benar. Disamping itu peluang yang lain ialah ada permasalahan pada mekanisme di database punya Kemendagri.

2. Ada Kekeliruan/Kesalahan dalam Masukkan NIK dan KK

Argumen ke-2 , sering terjadi kekeliruan atau salah dalam masukkan nomor NIK dan KK. Hingga, ini menjadi satu diantara factor pemicu data tidak ditemukan nik belum terdaftar di dukcapil atau KK tidak benar/ tidak tercatat.

Nach, saat sebelum memilih untuk mengurusinya ke Disdukcapil paling dekat, yakinkan kembali penginputan NIK dan KK yang Kamu kerjakan telah betul, ya!

Langkah Menangani Bila NIK dan KK Tidak Benar

Ada 2 langkah yang dapat Kamu kerjakan, bila NIK dan KK punyamu sudah tentu tidak benar/tercatat. Kamu dapat pilih dari ke-2 langkah ini, yang ternyaman Kamu kerjakan. Berikut 2 langkah untuk menanganinya:

BACA JUGA  Gempar Menyumbang Rp 2 Triliun untuk Covid-19, Siapa Figur Akidi Tio?

1. Melapor ke Disdukcapil

Pertama, Kamu langsung bisa memberikan laporan peristiwa itu ke Disdukcapil yang sesuai tempat KTP Kamu dibikin. Untuk kelengkapan document yang perlu disiapkan, ialah:

Membawa KTP asli dan fotocopy

Membawa KK asli dan fotocopy

Membawa Akta Kelahiran asli dan fotocopy

Di Disdukcapil, petugas akan mengarahkanmu sesuai kepentingan yang bakal Kamu kerjakan.

2. Melapor secara Online

Awalnya, yang perlu Kamu kerjakan ialah memeriksa apa Dukcapil tempat Kamu membuat KTP telah memakai layanan online?

Apabila sudah, Kamu dapat memakainya, supaya terbebas dari barisan sekalian mengirit waktu. Ada layanan online untuk kebutuhan khalayak benar-benar sangat berguna.

Supaya tidak ada penimbunan barisan khususnya di periode wabah seperti sekarang ini. Berikut sejumlah opsi layanan online Dukcapil yang dapat Kamu pakai:

Melapor lewat Call Center Dukcapil di nomor: 1500537

Melapor lewat nomor program WhatsApp: 08118005373

Melapor lewat nomor SMS: 08118005373

Melapor lewat E-mail di alamat: callcenter.dukcapil@gmail.com

Melapor lewat sosial media Facebook di account sah Dukcapil: “Halo Dukcapil”

Melapor lewat sosial media Twitter di account sah Dukcapil: @ccdukcapil

Adukan permasalahan tidak benar/tercatatnya NIK dan KK, lewat direct message (DM) dengan pola:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

Di tengah-tengah wabah Covid-19 seperti sekarang ini, ada baiknya kalau Kamu masih tetap ikuti prosedur kesehatan yang disarankan.

Bila harus melapor langsung ke Disdukcapil, yakinkan selalu memakai masker dan jaga jarak. Tetapi, bila memungkinkannya untuk melapor lewat cara online, karena itu hal itu akan lebih bagus.

Demikian info mengenai pemicu dan langkah menangani bila NIK dan KK Tidak Benar/Tercatat. Ingat, tidak boleh cemas!

Cepatlah menuntaskan peristiwa itu dengan penyiapan yang telah diterangkan oleh beberapa poin di atas. Mudah-mudahan artikel ini menolong!

BACA JUGA  15 List Tempat Isi Ulang Oksigen Bekasi, Warga Bekasi Wajib Tahu !
//zikroarg.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh