Saham Bukalapak Melesat, Harta Achmad Zaky Tembus Rp 4,79 Triliun

BEKASIKU.COM – Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky, masuk barisan orang paling kaya di Indonesia bersamaan dengan saham Bukalapak yang diperjualbelikan di bursa saham per Jumat (6/8/2021).

Bukalapak sebagai perusahaan tehnologi unicorn pertama kali yang mencatat saham di Bursa Dampak Indonesia (BEI).

Harga saham Bukalapak juga sempat melejit sampai 24,71 % atau sentuh batasan atas auto rejection (ARA) pada perdagangan hari awal kemarin. Saat pembukaan, harga saham Bukalapak pada IPO ialah Rp 850 per helai saham, dan sekarang ada di harga Rp 1.060 per saham.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (7/8/2021), Bukalapak sukses mengantongi dana sebesar 1,5 miliar dollar AS atau sekitaran Rp 21,9 triliun lewat IPO. Sekarang ini, valuasi pasar Bukalapak terdaftar capai 7,6 miliar dollar AS atau sekitaran Rp 110,2 triliun.

Di awal tahun 2020, Zaky memilih untuk mundur dari kedudukannya sebagai CEO Bukalapak yang sekarang ini ditempati oleh Rachmat Kaimuddin.

Zaky terdaftar mempunyai 4,3 % dari keseluruhnya saham Bukalapak. Forbes juga menulis, sekarang ini kekayaan Zaky yang dari pemilikan sahamnya di e-commerce itu capai 330 juta dollar AS atau sekitaran Rp 4,785 triliun.

Saat Zaky masih memegang sebagai CEO, Bukalapak masuk barisan perusahaan dengan status unicorn, atau perusahaan yang capai valuasi di atas 1 miliar dollar AS pada 2017.

Di tahun yang serupa, perusahaan itu mengeluarkan basis mediator online dan off-line yang disebutkan dengan Partner Bukalapak.

Zaky membangun Bukalapak di tahun 2010 bersama rekanan kuliahnya, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid.

Sampai sekarang ini, neraca keuangan perusahaan itu terdaftar masih merugi. Di tahun 2019, Bukalapak sempat memotong 10 % dari pekerjanya untuk jaga efektivitas perusahaan.

BACA JUGA  24 Alamat Pom Bensin Bekasi Buka 24 Jam

Sesudah tinggalkan Bukalapak, Achmad Zaky sekarang sedang meningkatkan sebuah perusahaan modal ventura namanya Init 6, yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perusahaan rintisan atau start up tahapan awal.

//usounoul.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh