Ungkap Rahasia Warren Buffett Dibalik Kekayaan Nya

BEKASIKU.COM – Investor berpengalaman, Warren Buffett, pernah sampaikan saran mengenai langkah membuat kekayaan di tahun 1999 di pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hataway. Saat itu, Buffett mempunyai kekayaan bersih sekitaran US$ 30 miliar dan umurnya 68 tahun.

Sekarang kekayaan Buffett sudah berkembang dan capai US$ 100 miliar lebih. Dalam sarannya, Buffett menjelaskan, bunga majemuk ialah teman dekat investor. Dia memperbandingkan membuat kekayaan lewat bunga dengan menggelindingkan bola salju menuruni bukit.

Warren Buffett menjelaskan, dalam membuat kekayaan, tiap investor harus mengawali dari sejak awalnya. Membuat kekayaan dimulai dari kecil dari sejak umur muda.

“Saya mulai membuat bola salju kecil ini di pucuk bukit yang paling panjang. Trick untuk mempunyai bukit yang paling panjang ialah dimulai dari benar-benar muda atau hidup sampai benar-benar tua,” tutur Buffett seperti dikutip CNBC.

Buffett memberikan perumpamaan, jika misalkan dia lulus dari perguruan tinggi di tahun 1999 dan mempunyai uang senilai US$ 10.000 untuk diinvestasikan, karena itu dia akan cari langkah dan tempat vital untuk meningkatkan uangnya.

Buffett menjelaskan, dia kemungkinan konsentrasi pada perusahaan yang lebih kecil karena dia akan bekerja dalam jumlah yang lebih kecil. Untuk memperoleh perusahaan kecil yang baik, dia mulai akan menyelidiknya satu demi satu. Bisa jadi berdasar abjad dan memulai bekerja dari sana.

Untuk Buffett, seorang investor perlu berusaha sendiri dan memercayakan pengetahuan dan insting mereka sendiri saat cari usaha yang menggiurkan untuk diinvestasikan. Dia menambah, untuk investor yang pintar, mereka akan lakukan yang terbaik untuk pelajari perusahaan yang baik dan melakukan tindakan cepat saat mendapati ada kesempatan terbaik.

Menurut dia, investor sebaiknya tak perlu menyaksikan atau percaya beberapa orang sepakat kepadanya sekarang ini jatuhkan opsi pada saham tertentu.

BACA JUGA  Dua Saham Emiten Milik Erick Thohir Melesat Tinggi

Kabarnya, Buffett simpatisan setia dana index, yang simpan tiap saham dalam index, membuat mereka terdiversifikasi secara automatis. Untuk membuat kekayaan, investor harus secara stabil beli dana index memiliki biaya rendah S&P500, kata Buffett pada 2017.

“Terus membeli lewat sukai dan duka, dan khususnya lewat tipis,” katanya.

Tetapi, Buffett menjelaskan jika memiliki cita-cita untuk hasilkan US$ 30 miliar tak perlu, dan belakangan ini menjelaskan jika ukuran kekayaannya tidak bisa dimengerti. “Uang membuat ketidaksamaan yang paling kecil sesudah tingkat moderat,” ucapnya.

Ia meneruskan: “Bila Anda minta saya untuk mengganti prosentase yang paling berarti dari kekayaan bersih saya bagus untuk sekian tahun tambahan dalam kehidupan saya atau agar bisa lakukan sepanjang beberapa tahun apa itu yang ingin saya kerjakan, saya akan melakukan dalam sedetik,” katanya.

//thaudray.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh