Cara Perawatan Cvt Motor Matic, Jika Ada Oli Yang Keluar

Cara Perawatan Cvt Motor Matic, Jika Ada Oli Yang Keluar

BEKASIKU.COM – Sepeda motor saat ini dengan semua keringanan nya, pasti membutuhkan perawatan cvt motor matic secara khusus. Janganlah sampai permasalahan kecil nanti bisa menjadi persoalan besar dan justru bikin rugi.

Beberapa kerusakan kecil yang jarang-jarang jadi perhatian satu diantaranya ialah rembes di bagian CVT. Bocor di bagian CVT dapat disebabkan karena beragam factor. Jadi kita harus selalu memberikan perawatan cvt motor matic secara rutin

Yunus Prihandoyo, teknisi salah satunya bengkel AHASS di Solo, Jawa tengah menjelaskan rembes pada CVT motor matik peluang itu sebagai oli gardan, karena pada motor matik, oli mesin dengan oli transmisi berada pada bagian yang lain.

“Jika rembes pada CVT disaksikan dahulu dari mana sumbernya, pada mesin sisi CVT telah dibuat sebegitu rupa hingga saat ada permasalahan alan bisa teridentifikasi secara mudah,” kata Yunus ke Kompas.com beberapa lalu.

oli rembes cvt motor matic
(Foto: Honda DAM)

Rembes di bagian CVT motor matik peluangnya ada dua, yaitu seal karet yang ada di kruk as, juga bisa karena perpak packing yang menyambungkan antara block CVT.

Yunus menerangkan, umumnya yang alami rembes di bagian CVT motor matik ialah sisi seal karet kruk as.

Kruk as sendiri berperan sebagai penerus gerak turun naik piston yang diganti jadi gerak berputar-putar yang bakal diteruskan ke pulley depan dan jadi tenaga yang dapat gerakkan roda dengan kontribusi v-belt.

Pemicu kerusakan pada seal kruk as ini umumnya dikarenakan oleh termakan umur. Karena temperatur yang tidak pasti terkadang panas dan dingin membuat seal karet itu akan getas hingga kerjanya tidak optimal.

Selain umur, seal karet bisa juga saja hancur karena terjadi guncangan. Jika sudah tukar tetapi tetap rembes, ada peluang pemasanagan yan salah hingga menyebabkan rembes kembali.

Servis perawatan cvt motor matic
(Foto: Honda DAM)

Untuk penggunaan kerap atau berat Yunus menjelaskan seal karet ini dapat bertahan sampai 14.000 km, balik lagi bergantung dari penggunaannya. Seal kruk as pada motor matik Honda umumnya ada di range harga Rp 20.000 samapai dengan Rp 30.000-an.

BACA JUGA  10 Situs Jual Beli Mobil Terpercaya Indonesia 2021

Selainnya permasalahan seal kruk as, rembes oli pada cvt matik dapat disebabkan karena karet o-ring penutup crankcase. Karena dibuat berbahan karet, umumnya elemen ini bisa aus karena dikonsumsi umur.

Apabila sudah terjadi aus atau gepeng pada kompenen itu, lebih baih dilaksanakan pergantian dengan part baru supaya tidak ada kembali kebocoran.

Karena bila oli gardan bocor dan sampai habis akan memunculkan permasalahan dan ongkos yang semakin besar kembali.

//benoopto.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh