Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang Rp. 4,9 Miliar

BEKASIKU.COM – Surat lamaran kerja Steve Jobs pendiri Apple, dilelang di internet dan laris Rp4,9 miliar (US$343.000; kurs Rp14.440,50). Surat lamaran itu dicatat tangan oleh pendiri Apple, Steve Jobs, pada 1973. Saat surat dicatat, dia berumur 18 tahun.

Awalnya, surat ini sempat dilelang pada Maret tahun ini dan terjual Rp3,25 miliar (162 ribu poundsterling; kurs Rp20.081,97). Surat ini pertama kalinya dilelang pada 2017 di dalam rumah lelang Bonhams, New York, Amerika Serikat. Pada lelang di 2018, surat ini laris US$175.000 (Rp2,5 miliar).

Perbedaannya, pada pelelangan ini kali bukan hanya jual benda fisik dari surat lamaran kerja Steve Jobs ini saja. Tetapi, pelelangan jual surat lamaran kerja sama dalam pola NFT (non-fungible), yakni kreasi seni berbentuk crypto.

Sebetulnya, pelelangan ini dilaksanakan untuk menguji apa asset digital kreasi seni NFT memang mempunyai nilai yang sama dengan wujud fisiknya atau mungkin tidak. Ini dilaksanakan oleh komune Winthorpe Ventures.

Pada pelelangan fisik, jual-beli dilaksanakan dalam dolar AS. Sementara versus NFT dijualbelikan memakai Etherum.

Surat lamaran ini tidak menejlaskan status apa yang dilamar oleh Steve Jobs. Tidak disebut nama perusahaan yang dilamar pria itu.

Pada 1974, Steve Jobs mulai bekerja pada perusahaan Atari sebagai mekanik. Tetapi, surat lamaran ini diberi tanda tangan pada 1973. Memiliki arti surat lamaran ini dibikin satu tahun saat sebelum dia memperoleh tugas pertama. Diprediksi surat ini dibikin saat dia baru dikeluarkan dari Reed College di Portland, Oregon, AS.

Walau telah berusia nyaris 50 tahun, surat ini masih tetap ada pada keadaan fisik yang sempurna. Ada beberapa keriput dan fisik tua kertas di situ sini. Document ini dibarengi dengan surat dan sertifikat untuk menunjukkan orisinalitasnya, seperti dikutip Business Today.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Website Hosting Terbaik Indonesia 2021

Atari ialah perusahaan di mana Jobs berjumpa dengan co-founder Apple, Steve Wozniak. Mereka lalu membuat APple Inc pada 1976. Beberapa rekanan kerja di Atari menyebutkan Jobs sebagai individu yang “susah tetapi bernilai”. “Dia kerap jadi orang yang paling pandai dan akan biarkan beberapa orang tahu hal tersebut.”

//zikroarg.com/4/4412659
Share via
Copy link
Powered by Social Snap
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Refresh